Sabtu, 08 April 2017

3 Makanan Untuk Menjaga Siklus Haid Tetap Normal

3 Makanan Untuk Menjaga Siklus Haid Tetap Normal - Siklus haid yang dalam kondisi normal merupakan dambaan setiap wanita. Dengan siklus haid normal, maka perasaan akan lebih tenang. Akan tetapi tidak jarang juga beberapa wanita mengalami siklus haid yang tidak normal sehingga membuat perasaan sedikit cemas.

3 Makanan Untuk Menjaga Siklus Haid Tetap Normal

Dibutuhkan usaha untuk memiliki siklus haid yang normal, seperti mengatur pola makan sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang baik. Selain itu hindari makanan instan dan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, itu karena dapat membuat siklus haid terganggu.

Baca Juga : Begini Cara Mencegah Penyakit Jantung Hanya Dengan Keju

Selain itu untuk mendapatkan siklus haid yang normal, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi 3 makanan sehat berikut ini. Berikut ini adalah 3 makanan untuk siklus haid normal terjaga.

1. Makanan yang Mengandung Omega 3

Omega 3 sangat baik untuk tubuh, salah satunya adalah membuat siklus haid tetap normal. Dengan omega 3, tubuh akan berfungsi lebih baik. Selain itu gejala PMS serta rasa nyeri haid bisa diatasi dengan omega 3 ini. Makanan-makanan yang mengandung banyak omega 3 diantaranya ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, kacang-kacangan, telur ayam/bebek, sayur bayam, sayur kangkung, yogurt, dan lain sebagainya.


2. Biji-Bijian Utuh

Baca Juga : 4 Cara Mudah Atasi Jerawat Membandel yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang Juga

Biji-bijian utuh atau whole grains merupakan salah satu makanan yang sangat baik agar siklus haid tetap terjaga. Ini karena sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh paling banyak ada pada biji-bijian utuh. Dilansir dari womanitely.com, karbohidrat pada whole grains atau biji-bijian utuh mengandung serat, protein, dan vitamin B. Tidak hanya itu saja, indek slikemik pada biji-bijian utuh pun rendah. Pada biji-bijian utuh terkandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia saat haid. Tidak hanya itu saja, biji-bijian utuh juga mampu menjaga mood dan menstabilkan gula darah.

3. Buah dan Sayur

Kita semua pasti tahu jika buah dan sayur merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Ternyata dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar secara rutin, mampu menjaga keseimbangan hormon yang dapat menjaga siklus haid tetap nomral.

Baca Juga : Tips Liburan ke Pantai Tanpa Takut Kulit Gosong dan Gelap

Itulah 3 makanan penting agar siklus haid tetap normal, semoga bermanfaat.
Referensi : vemale.com

3 Makanan Untuk Menjaga Siklus Haid Tetap Normal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ridhwan Al Ma'ruf